Popular Post

Posted by : Unknown Kamis, 11 Oktober 2012



CPU
CPU atau prosessor ini merupakan komponen pemrosesan logika dan aritmatika serta mengendalikan komputer. Kecepatan pemrosesan ditentukan oleh kecepatan clock dari control unitnya. Perhitungannya dalam satuan hertz, semakin besar nilainya semakin cepat clocknya. Contoh Intel Core i7 2.93 Ghz  artinya kecepatan clock dari control unitnya adalah 2.93 Ghz.
Memory
Memory berfungsi menyimpan data dan instruksi yang sedang dijalankan. Ada 2 jenis memory, yang pertama adalah RAM dan yang kedua adalah ROM. ROM ini menyimpan data dan instruksi yang disediakan oleh vendor komputer dan hanya bisa dibaca. Satuan dari kinerja RAM adalah bit atau byte, semakin besar nilainya semakin besar kapasitasnya. Contoh RAM 4 GB artinya RAM mempunyai kapasitasnya sebesar 4 Gigabyte.
Output  dan Input Devices
Ouput dan input devices ini berfungsi untuk menjembatani antara komputer dengan lingkungan luarnya. Input Devices adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data, bisa berupa keyboard, scanner, mouse, barcode, dll. Sedangkan untuk Output devices adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan hasil dari pemrosesan data, bisa berupa monitor, printer, speaker dll.
Media Penyimpanan
Media ini berfungsi untuk menyimpan data secara permanen yang nantinya bisa dibaca kembali, bisa berupa harddisk, flashdisk, CD, DVD dan yang sudah mulai ditinggalkan adalah disket. Satuan kapasitasnya adalah bit atau byte, semakin besar nilainya semakin besar kapasitasnya. Contoh Harddisk 160GB artinya kapasitas penyimpanan harddisk tersebut adalah 160 Gigabyte.
Selain 5 komponen diatas, sebenarnya ada beberapa komponen tambahan yang berfungsi untuk menambah performansi dari komputer itu sendiri, seperti LANcard, Wifi untuk perangkat networking dengan satuan bitpersecond (bps), videocard untuk menghasilkan output gambar ke monitor dengan satuan byte.
Contoh pembacaan spesifikasi komputer Dell Studio XPS 8100 adalah Core i7-870 2.93 GHz, 4GB DDR3, 640GB HDD SATA, DVD±RW, GbE NIC, VGA NVIDIA GeForce GT220 1GB artinya komputer tersebut didukung oleh prosesor Intel core i7-870 dengan clock 2.93 Ghz dan kapasitas media penyimpanan harddisk sebesar 640GB, RAM sebesar 4 GB, dan videocard  sebesar 1GB.


Bulan Juni 2010, Seagate telah meluncurkan harddisk 3TB pertama untuk pilihan harddisk eksternal, yang diberi nama Barracuda XT. Kini, Seagate meluncurkan harddisk dengan kapasitas yang sama untuk harddisk internal di dalam komputer desktop, yang diberi nama BlackArmor NAS. Seagate juga membuat harddisk ini kompatibel dengan Windows XP.

Sebelumnya, Windows XP 32 bit biasanya menggunakan MBR (Master Boot Record) yang hanya dibatasi untuk ukuran partisi drive sebesar 2.19 TB. Hal ini berarti system tidak bisa membaca bila kapasitas harddisk melebihi angka tersebut, dan tidak bisa mengetahui berapa besar kapasitas sebenarnya.

Selain itu, komputer bersistem Windows menggunakan BIOS yang ada di motherboard, yang tidak dapat booting bila kapasitas harddisk melebihi 2.19 TB, karena adanya pembatasan protokol BIOS. Untuk itu, solusinya dapat menggunakan Barracuda XT yang baru ini, menurut Seagate.

Seagate mengklaim bahwa software DiscWizard bawaan harddisk ini mempermudah user untuk menggunakan seluruh kapasitas harddisk 3TB ini, bahkan ketika harddisk digunakan sebagai harddisk utama untuk bootable. Sekali OS terinstal di dalam partisi yang Windows dapat mendeteksinya, maka user dapat meng-instal DiscWizard, yang sekaligus membuat sisa partisi sekunder agar dapat dideteksi oleh Windows.

Ketika digunakan dengan EFI dan Windows Vista versi 64 bit, maka teknologi Barracuda XT 3TB ini akan berfungsi sebagai harddisk biasa 3TB. Barracuda XT support cache 64MB, menggunakan interface kabel Serial ATA 6Gbps, dan kecepatan putaran 7,200 rpm. Hardware harddisk Barracuda XT ini didesain untuk permainan game tingkat tinggi dan penyimpanan super besar, dengan garansi 5 tahun dan dibandrol harga senilai $279.(h_n)


 

Perkembangan Hardware Komputer

Perkembangan teknologi elektronik yang paling pesat dan banyak dipakai dibanyak bidang dalam menyelesaikan pekerjaan maupun untuk memperoleh informasi tidak lain adalah komputer. Perkembangan komputer ini diakibatkan oleh perkembangan mikroprosesor (processor) sebagai otak dalam menangani keseluruhan dari kerja komputer.
Perkembangan Mikroprosesor Intel dan Personal Computer (PC)
Sesuai dengan waktu evolusi generasi-genarasi prosesor yang baru bermunculan dengan performance yang lebih canggih, baik dari segi kualitas maupun kerumitannya.
Perkembangan tipe prosesor:
  • XT 8086 – 8088
  • AT 286, AT 386, AT 486
  • Pentium I : AT 80586 dengan 50 Mhz, 70 Mhz, 90 Mhz, 100 Mhz, 133 Mhz.
  • Pentium II : 266 Mhz, 300 Mhz, 350 Mhz, 400 Mhz, 450 Mhz.
  • Pentium III : 500 Mhz, 550 Mhz, 600 Mhz, 700 Mhz.
  • Dan generasi terbaru sekarang Pentium IV. 
Processor selain Intel dan Perkembangannya
Pangsa pasar yang menggiurkan untuk teknolgi Komputer di Indonesia menyebabkan processor yang ada di pasar tidak hanya produk Intel Co, tetapi perusahaan lain seperti AMD (Advanced Micro Device) serta Cyrix juga mengeluarkan beberapa jenis Processor yang berusaha mengimbangi produk-produk dari Intel. Produk-produk dari AMD antara lain: AMD K-5, AMD K-6, AMD K6-2, AMD K6-3, AMD Duron, AMD Athlon. Dimana produk-produk AMD ini ternyata beberapa dan belakangan ini berhasil melampaui kemampuan dari produk-produk Intel. Berikut merupakan data-data perbandingan arsitektur produk AMD dan Intel serta hasil Bechmark (Tes Kehandalan Processor).
Processor AMD dikenal dengan harga yang lebih murah dengan kehandalan yang tidak kalah dengan produk Intel.
Selain AMD, Processor merk lain yang beredar dipasaran Indonesia adalah processor merk Cyrix yaitu 6×86, M-II dan M-III, tetapi sayangnya Processor merk Cyrix ini tidak seberhasil AMD untuk membuat processor tandingan bagi Intel. Berikut ini akan ditampilkan beberapa gambar Processor:
Processor Cyrix
Processor Intel Xeon 5500

Processor AMD
Kecepatan komputer selalu didambakan oleh siapa saja. Berbagai usaha dan penelitian terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komputer. Beberapa waktu yang lalu super komputer tercepat di dunia telah hadir untuk membantu militer amerika melakukan perhitungan. Kini giliran sebuah teknologi di bidang Memory komputer.



Sebelumnya Anda pasti pernah mendengar istilah RAM (Ramdom Access Memory) untuk menyebut memory komputer. Memory RAM ini memiliki berbagai jenis mulai dari EDO RAM, DDR1, DDR2 dan beberapa jenis lainnya.

Namun ternyata RAM saja elum cukup untuk memuaskan kebutuhan manusia akan tuntutan kecepatan. Oleh karena itu, Fisikawan dan Insinyur Jerman mengembangkan sebuah jenis memory baru.

Memory tersebut diberi nama Magnetoresistive Random Access Memory (MRAM), memory ini bukan hanya lebih cepat daripada RAM tetapi juga Lebih hemat Energi. Kehadiran MRAM sepertinya akan meningkatkan perkembangan mobile computing dan level penyimpanan dengan cara membalik arah kutub utara-selatan medan magnit.

IBM dan beberapa perusahaan pengembang yang lain berencana menggunakan MRAM, MRAM ini akan memutar elektron-elektron untuk mengganti kutub magnet. Hal ini juga dikenal sebagai spin-torque MRAM (Torsi putar MRAM) teknologi inilah yang kini sedang dikembangkan oleh para fisikawan dan insinyur Jerman.

Dengan membangun pilar-pilar kecil berukuran 165 nano meter, akan mengakibatkan magnet variabel pada atas lapisan akan mengakibatkan arus listrik mengalir dari bawah ke atas dan akan memutar posisi elektron. Medan magnet ini akan berubah dan hanya membutuhkan sedikit waktu untuk merubah kutub medan magnet ini. Kemudian kutub utara dan selatan akan bertukar.

Jika anda bingung dengan proses di atas, tidak usah dihiraukan juga tidak apa-apa. Atau kalau mau membaca sendiri yang versi inggris disini.

Yang pasti, kecepatan MRAM mencapai 10 kali lipat kecepatan RAM. KEcepatan ini masih bisa terus dikembangkan dimasa depan.

 












Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © tugas kuliah stmik/ti - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -