Popular Post

Posted by : Unknown Kamis, 11 Oktober 2012

http://belajar-pemrograman2.blogspot.com/search/label/Java



Penjelasan contoh program dasar java
undefined undefined
CONTOH PROGRAM :

class test
 {
  public static void main(String args[])
   {
    System.out.println("selamat datang di program java");
   }
 }

PENJELASAN :

     Program test.java ini adalah sebuah program yang akan menghasilkan kata "selamat datang di program java" pada outputnya . Coding pertama yaitu "class test" merupakan pendeklarasian sebuah class dengan nama test . Menamai sebuah class merupak kewajiban dan penamaannya dapat apa saja . Jika diperhatikn deklarsi class ini diawali dengan tanda " { " dan diakhiri dengan tanda " } " , hal ini menandakan bahwa semua yang berada dalam tanda tersebut merupakan bagian dari class ini .

     Lalu coding " public static void main (String args[])" yaitu mendeklrasikan suatu method dengan nama main . Nama main disini merupakan keharusan dalam java karena java akan mencari method yang bernama main ini sebagai awal eksekusi program . Keyword public merupakan access specifier yang menentukan visibility level dari method ini . Public berarti method ini dapat di access dari manapun dari luar class .

     Method main() akan dipanggil dari luar oleh runtime java pada saat program akan dieksekusi sehingga access specifiernya harus menggunakan public . Keyword static memungkinkan method main() dipanggil tanpa harus terlebih dahulu membuat instance dari class sederhana , ini diperlukan karena method main() akan dieksekusi sebelum objek apapun dibuat dalam memori . Keyword void berarti bahwa method main() tidak mengembalikan nilai apapun setelah dipanggil ( dieksekusi ) .

     Setelah itu coding " System.out.println("selamat datang di program java"); yaitu Coding system merupakan nma dari salah satu class standar yang dimiliki oleh java . Lalu coding out merupakan anggota dari class system dan juga merupakan objek tersendiri . Out mewakili standar output stream yang dalam hal ini digunakan layar komputer . Lalu coding println merupakan method yang terdapat dalam objek out . Berfungsi untuk mencetak keluaran ke standar output . Method ini juga mencetak karakter pindah baris . Untuk mencetak tanpa pindah baris bisa menggunakan print(); . Terakhir tanda " ; " diperlukan untuk menandai suatu akhir dari suatu statment .



undefined undefined
     Sebelum membuat program java, terlebih dahulu anda harus mempunyai program - program pendukung pembuatan programnya , yaitu : Java Development Kit dan EditPlus . Perlu anda ketahui Java Development Kit ( JDK ) berfungsi untuk tempat mengcompile program java yang anda buat, sedangkan EditPlus sebagai editornya ( Tempat Menulis Sintaks ) . Jika anda belum mempunyai keduanya dapat mendownload.
     Setelah mempunyai keduanya , jangan lupa setting path untuk JDK . jika anda belum bisa setting path java
.  Setelah itu masuk ke edit plus , lalu pilih file > new , dan masukan sintaks  ( tulisan ) berikut ini :

class test
 {
   public static void main (String args[])
   {
     System.out.println("Selamat Datang di Pemrograman Java");
   }
 }

     Setelah membuatan sintaks tersebut pada EditPlus , simpan file tersebut dengan nama test.java . Perlu diingat anda harus mengetahui direktori tempat menyimpan file tersebut karena file harus dicompile terlebih dahulu di CMD . Setelah disimpan , masuk ke CMD dan masuk ke direktori tempat penyimpanan file anda . lalu tulis javac test.java untuk mengcompilenya, setelah itu untuk merunningnya tulis java test, maka program yang anda buat akan keluar .





undefined undefined
     Program java yang anda telah buat tidak akan dapat dicompile serta dirunning jika anda belum setting path pada komputer anda . Oleh sebab itu setting path java merupakan keharusan jika anda ingin membuat program java, mengcompile dan ingin merunningnya . berikut pengerjaan setting path java :
  1. Instal Java Development Kit ( JDK ) pada komputer anda, jika belum ada silahkan klik
  2. Setelah anda instal , cari direktori file tersebut dan copy Adrdress Bar sampai Bin ( Biasanya begini C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_17\bin jika anda menginstal di Directory lain anda tinggal mengubahnya saja )
  3. Setelah anda copy Address Bar tersebut masuk ke Control Panel > System > Setelah itu pilih advanced > dan pilih Environtment Variables >
  4. Setelah masuk cari Path pada System Variables dan pilih edit 
  5. Lalu paste Address Bar tersebut pada Variable Value menjadi seperti gambar dibawah 





undefined undefined

     Java adalah sebuah bahasa pemrograman pada komputer sama seperti pendahulunya c++ . Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Sun microsystems yang dikembangkan pada tahun 1995 . Awalnya java diciptakan pada tahun 1991 oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan , James Gosling dan Bill Joy beserta programer dari Sun Microsystems . Uniknya nama java diambil dari nama pulau jawa ( bahasa inggris dari jawa ) karena James Gosling " Bapak Java " menyukai kopi tubruk yang berasal dari pulau Jawa . Jadi kita perlu berbangga menjadi warga negara Indonesia .

     

     Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yang berbasis objek , maksudnya adalah semua aspek yang terdapat pada java adalah objek sehingga sangat memudahkan untuk mendesain , membuat dan mengembangkan program java dengan cepat . Kelebihan ini membuat program java menjadi mudah untuk digunakan oleh banyak orang . Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan oleh banyak  sistem operasi , seperti : Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan Sun Solaris ( Multiplatform ) . 








Kelebihan Java :
  • Berorientasi objek , Memudahkan untuk mendesign dan mengembangkan program dengan cepat dan teliti , sehinnga mudah digunakan . Salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek secara murni .
  • Mirip c++, Mempunyai sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman c++ . Sehingga para pengguna c++ banyak yang hijrah menggunakan Java . 
  • Multiplatform, Dapat digunakan dibanyak sistem operasi . 
  • Perkembangan yang luas, Dari game sampai sistem operasi handphone menggunakan program java . Misalnya Handphone Sonny Ericsson dan Opera Mini 3 yang bertipe .jar ( Java Archive ) .
  • Mempunyai pengumpulan sampah otomatis .


Kekurangan Java :
  • Proses Compile, Mengharuskan pengguna mengcompile programnya sebelum dijalankan, berbeda dengan bahasa pemrograman python yang tidak perlu mengcompile terlebih dahulu .
  • Penggunaan Memori yang besar , Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang hanya membutuhkan memori sedikit 

 



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © tugas kuliah stmik/ti - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -